San Diego Hills, Tempat Pemakaman Ronny Pattinasarany

Kompleks pemakaman San Diego Hills pasti akan selalu muncul ketika membahas tentang tempat pemakaman yang mewah di Indonesia. Pemakaman mewah San Diego Hills terletak di Karawang, Jawa Barat. Saat ini banyak artis dan tokoh-tokoh terkenal yang dimakamkan di sini, bahkan pesepak bola profesional yang sangat terkenal yaitu Ronny Pattinasarany juga dimakamkan di San Diego Hills.

Mengenal Ronny Pattinasarany

Sejak tahun 1970-an hingga awal 1980-an, para penggemar sepak bola Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan gelandang serang andalan Timnas (Tim Nasional) Indonesia ini. Ronny lahir pada tanggal 9 Februari 1949 di Makassar, Sulawesi Selatan. Ia memulai karirnya sebagai pesepak bola profesional di PSM Makassar.

Dalam 10 tahun membela tim dengan julukan “Juku Eja”, Ronny sukses menjelma menjadi salah satu gelandang penyerang terbaik dalam sejarah Indonesia. Puncak karir Ronny adalah ketika ia terpilih sebagai Asian All-Star pada tahun 1982. Ia bahkan memenangkan Olahragawan Terbaik Nasional pada tahun 1976 dan 1981. Namun pada akhirnya, Ronny berhenti dan mengubah karirnya menjadi seorang pelatih.

Ronny melatih beberapa klub, yaitu Persiba Balikpapan, Krama Yudha Tiga Berlian, Persita Tangerang, Petrokimia Gresik, Makassar Utama, Persitara Jakarta Utara, dan Persija Jakarta. Namun prestasi terbaik Ronny adalah menangani Petrokimia Putra. Ronny membawa Petrokimia berhasil meraih Surya Cup, Petro Cup, dan runner-up Tugu Muda Cup.

Pemakaman Ronny Pattinasarany di San Diego Hills

Ronny telah berjuang melawan kanker hati sejak Desember 2007 namun pada akhirnya meninggal dunia pada 19 September 2008. Ronnie dimakamkan di lingkungan Pahlawan Pemakaman San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat.

San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes merupakan pemakaman pertama di Indonesia yang dihadirkan dengan konsep Forest Lawn Memorial Parks and Morturiaes di California, USA. Hal ini membuat San Diego Hills berhasil menghilangkan pemikiran masyarakat tentang tempat-tempat pemakaman yang selalu menyeramkan.

Pasalnya, perbukitan San Diego memiliki suasana yang asri, bersih dan aman, serta ditumbuhi rerumputan dan pepohonan yang hijau sehingga akan terasa nyaman selama berziarah. Biasanya kuburan hanya bisa menyediakan tanah untuk satu orang atau satu lubang saja, tapi di San Diego Hills, Anda bahkan bisa membeli paket tanah untuk satu keluarga dengan lebih dari 10 orang, dan kompleks bangunannya bisa didesain sendiri.

Inilah yang menjadi keunikan dari San Diego Hills. Bahkan setiap lahan makam San Diego Hills terletak di lokasi yang berbeda termasuk ketinggian bukitnya sehingga menyuguhkan pemandangan yang beragam dalam setiap tipe makam. Tipe makam ini terbagi menjadi jumlah lahan makam yang tersedia yaitu single burial, semi private, private estate, peak estate, island estate, urn burial, dan columbarium.

Setiap tipe makam terdiri dari nama mansion lagi sehingga memudahkan pemilihan lokasi. Tentu saja tiap mansion memiliki ciri khas arsitekturnya masing-masing. Bahkan setiap area juga terbagi menjadi bangunan yang dibangun berdasarkan kaidah dan agama masing-masing. Jadi terbagi dengan 3 area yaitu nuansa universal, nuansa Islam dan nuansa tionghoa. Semuanya dapat dimakamkan di sini tanpa melihat agama dan budayanya.

Untuk pembelian lahan makam San Diego Hills terbagi menjadi 2 yaitu pembelian dalam kondisi at need (saat dibutuhkan) dan dalam kondisi pre need (sebagai persiapan). Keduanya tentu dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Namun perlu diingat bahwa lahan makam San Diego Hills terbatas dan harganya juga akan selalu meningkat setiap tahunnya.

You may also like...