Pengertian, Langkah-Langkah Pembuatan, Dan Contoh Resume

Dalam dunia pendidikan ataupun pekerjaan, resume sangat sering digunakan. Karena hal tersebut sangat penting untuk kamu dalam mengetahui contoh resume khususnya bagi pelajar atau pelamar kerja. Di dunia pendidikan, biasanya resume ini banyak digunakan dalam suatu karya ilmiah, baik berupa jurnal ataupun buku, makalah, dan yang lainnya.

Sedangkan dalam dunia karir, resume banyak dibutukan oleh calon pelamar yang ingin bekerja di suatu perusahaan. Fungsi dan tujuan resume hampir sama dengan CV atau Curriculum Vitae. Hanya saja bentuknya berbeda, dan lebih singkat dibandingkan resume.

Mungkin kita lebih lumrah mendengar resume lebih pada meringkas atau ringkasan. Pada dasarnya inti dari resume memang sebuah ringkasan namun dalam hal ini tentu memberikan penjelasan detail secara singkat mengenai suatu hal.

Dalam pembuatan resume memang perlu untuk memperhatikan banyak hal terutama membaca dan menguasai teks asli yang akan kamu rangkum atau buat resume. Jangan sampai belum paham dengan teks aslinya karena bisa jadi resume yang dibuat tidak akan sesuai dan bahkan akan lebih identik tidak valid.

Pengertian Resume

Pada umumnya resume merupakan bentuk dari ringkasan sebuah karangan atau teks panjang yang dipersingkat dengan cara dipotong. Untuk dibuat menjadi sebuah resume, tidak boleh sembarangan memotong bagian teks. Resume hanya mengambil beberapa bagian yang sekiranya dianggap sangat penting untuk disampaikan yaitu bagian pokok dan menyisihkan beberapa bagian rinciannya.

Sebagian orang menjadikan resume sebagai cara yang efektif untuk menjelaskan inti atau pokok dari suatu informasi yang akan disampaikan dari sebuah tulisan kepada orang lain. Contoh resume yaitu resume sebuah buku atau karangan.

Langkah-Langkah Membuat Resume Dengan Mudah

Pada dasarnya, membuat sebuah resume itu tidak begitu sulit dan bisa dikatakan sangat mudah untuk dikerjakan. Namun tetap saja ada bebeapa langkah yang harus diperhatikan sebelum membuat resume, diantaranya :

  1. Membaca teks asli

Membaca teks atau naskah asli sangat penting dalam proses pembuatan resume. Membacanya harus dilakukan berulang kali sehingga kamu bisa paham keseluruhan isi dan memahami maksud dari penulis.

  1. Menentukan dan mencatat gagasan utama

Setelah memahami maksud si penulis, kamu harus mampu menentukan pokok-pokok yang ada dalam tulisan. Untuk lebih mengerti maksudnya, baca kembali paragraf demi paragraf, bagian demi bagian, dan dilanjutkan dengan dikonkritkan menjadi poin penting sehingga menjadi gagasan utama.

  1. Mulai menulis resume

Gunakanlah gambaran-gambaran umum mengenai keseluruhan isi teks atau naskah yang sudah terbayang di pikiran. Kemudian nantinya hasil pencatatan gagasan utama dibuat ke dalam bentuk resume. Namun harus diingat bahwa urutan paragraf untuk pembuatan resume harus sesuai dengan naskah aslinya.

Hindari langsung copy paste tulisan dari naskah yang asli. Buatlah resume berisi kalimat-kalimat baru dengan bahasa sendiri sehingga nantinya bisa lebih mudah dipahami tanpa harus menggunakan istilah dan kalimat tingkat tinggi yang sulit dipahami.

  1. Membaca kembali resume yang sudah dibuat

Setelah selesai membuat resume, baca kembali resume milik kamu untuk memeriksa apakah ada kesalahan dalam penulisan atau tidak. Resume ini harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar bisa lebih mudah dipahami.

Contoh Resume Lamaran Kerja

Lubuk Pakam, Mei 2019

Kepada Bapak/Ibu

Di Tempat

 

Hal : Surat Lamaran

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan, bahwa di perusahaan Bapak/Ibu pimpin ini sedang membutuhkan karyawan, maka dari itu saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Mikaila Adini

Tempat dan Tanggal Lahir : Lubuk Pakam, 19 Maret 1990

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan : SMA/IPA

Alamat : Jln. Pesona Indah KM. 56 Lubuk Pakam

No. Telp : 085467459506

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu kiranya dapat menerima saya sebagai karyawan Design Grafis di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Saya mempunyai kondisi kesehatan yang cukup baik, loyalitas tinggi, tekun, pekerja keras, jujur, cepat memahami bidang baru yang sedang dipelajari. Dan memiliki motivasi tinggi serta menerima ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

  1. Foto copy ijazah terakhir 1 lembar
  2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk 1 lembar
  3. Pas foto 3×4 2 lembar
  4. Daftar riwayat hidup
  5. Surat pengalaman kerja

Harapan saya, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan lamaran ini dan saya sangat menunggu jawabannya atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Mikaila Adini

Contoh Resume Film Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar

Hestu Saputra

Film Drama/Komedi, 24 Desember 2014

Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar, Indonesia

Pada suatu hari dimana kekacauan di Kota Jakarta sedang masa kritisnya dan terlalu menekan orang asing dari tanah pertiwi. Salah satu keluarga Merry Riana juga sebenarnya adalah orang asing, terpaksa mereka pergi untuk menghindari ancaman masyarakat pribumi.

Namun mereka dihadang dan terpaksa ayah Merry memberi sejumlah uang untuk mengusir rakyat pribumi. Selang beberapa saat ayah Merry terpaksa berjualan pakaian milik keluarganya untuk mencari uang. Namun hanya sedikit yang ia dapatkan, dengan begitu hanya Merry sajalah yang pergi dari Indonesia menuju Singapura untuk bertemu kerabat ayahnya yaitu Paman Hans.

Sesudah sampai di Singapura, Merry pun segera mencari Paman Hans. Namun alhasil tempat tinggal Paman Hans kosong karena sudah tidak ada karena tidak membayar sewaan tempat tinggalnya. Merry tidak tahu harus kemana lagi, ia tidak sengaja bertemu seorang ibu setengah baya memberi jaringan internet kepadanya.

Ia akhirnya berhasil menemukan teman SMA nya yang bernama Iren, Iren saat ini sedang berkuliah di Singapura namun ia juga ingin membantu Merry yang tersesat disana. Akhirnya Iren menyuruh Merry untuk tinggal di asramanya sementara tapi keesokan harinya Merry ketahuan menginap di asrama milik Iren. Mereka berdua dibawah ke administrasi kampus untuk menyelesaikan masalah ini. Tidak ada cara lain, terpaksa Merry harus mengikuti seleksi mahasiswa baru di kampus Iren untuk tempat tinggalnya sementara.

Demikian sekilas mengenai resume dan contoh dari resume sebuah buku dan lainnya yang umum dilakukan oleh banyak orang. Tentu saja dalam hal ini resume memuat ringkasan secara padat dan bisa menjelaskan inti dari sebuah buku atau sebuah tulisan yang akan di buat resume tersebut nantinya.

Dalam pembuatan resume tersebut memang perlu untuk benar benar memperhatikan kaidahnya dengan baik. Jika paham dengan kaidah dalam pembuatan resume maka sudah dipastikan hasilnya akan lebih sesuai dengan ketentuan ketentuan yang seharusnya. Dengan begitu maka resume yan dibuat tidak membuat tulisan aslinya menjadi terganggu atau tidak mengacaukan teks aslinya. Lebih dahulu pahami tata cara untuk membuat sebuah resume agar tidak ada hal hal kaidah yang dilanggar dalam membuat resume tersebut nantinya.

You may also like...